Senin, 29 September 2014
EFEK DARI MERUBAH DERAJAT BUKA-TUTUP NOKEN AS DAN JARAK LSA
Dibawah ini adalah ilustrasi bagaimana variasi dapat dilakukan dalam menyeting LSA dan waktu buka-tutup klep akan memberi efek terhadap sifat mesin sebagai reaksi terhadap pemasangan noken as / camshaft.
Efek Menggeser Posisi Noken As / Camshaft
Memajukan Timing Cam
Memulai proses hisap lebih cepat
Klep Inlet membuka lebih cepat
Menambah torsi pada putaran bawah
Jarak klep in ke piston semakin dekat
Menambah jarak klep buang ke piston
Memundurkan Timing Cam
Menahan proses hisap berakhir lebih lambat
Tetap membuka klep inlet
Menambah lebih banyak tenaga RPM atas
Menambah jarak aman piston – Klep in
Mengurangi Piston-Exhaust Valve Clearance
Efek Merubah Lobe Separation Angel (LSA)
Tighten (smaller LSA number)
Menggeser torsi ke RPM rendah
Torsi maksimum meningkat
Rentang tenaga sempit
Tekanan dalam silinder meningkat
Kemungkinan knocking tinggi
Meningkatkan tendangan balik kruk as
Meningkatkan Kompresi efektif
Kevakuman saat stasioner berkurang
Kualitas stasioner buruk
Overlaping meningkat
Proses Kompresi dan usaha lebih lama
Widen (larger LSA number)
Mengembangkan torsi di RPM tinggi
Torsi maksimum menurun
Rentang tenaga lebar
Mengurangi Maximum Cylinder Pressure
Kemungkinan engine knock rendah
Mengurangi tendangan balik kruk as
Menurunkan Effective Compression
Stasioner nyaman
Kualitas saat stasioner membaik
Overlaping kecil
Saat klep menutup bersamaan lebih sedikit
Contoh menghitung durasi noken as Yamaha Vega R :
Intake membuka 27 derajat sebelum TMA, menutup 53 derajat setelah TMB
Exhaust membuka 55 sebelum TMB, menutup 29 derajat setelah TMA
Mari kita hitung durasi, LC, LSA
durasi In = 27 + 180 + 53 = 260 derajat
durasi Ex = 55 + 180 + 29 = 264 derajat
Lobe center In = 260 / 2 – 27 = 103 derajat
Lobe center Ex = 264 / 2 – 29 = 103 derajat
LSA = 103 derajat
LSA Cam
Hanya segitu pengetahuan yg bisa gw bagikan buat agan-agan semua yang sudah secara suka rela mampir di rumah gw ini, selebihanya silakan praktekin sendiri dirumah maupun di bengkel.
Karena sebuah teori tak akan berguna jika tak diamalkan, dengan praktek juga kita akan mengetahui benar atau tidaknya teori yang kita pelajari. Bukan begitu gan?? :D
BLACK FACTORY RACING “Engine To Your Performance”
Twitter : @speed_ID
Instagram : @speed_ID
Whatsapp : 0896 0387 5099
Bbm : 30B3D1B7
Label:
Archive
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Bang saya bertanya klu lagi kencang ,, kmudian tambah speed 4 mesin melemah dan drop tarikan itu knpa ??
BalasHapusEmang noken as saya papas , besircel 1mm pinggang kiri kanan 2 mm . mtor saya Gl Pro