Kamis, 25 September 2014
Stroke up vs Bore up
Ngomongin modifakasi sepertinya gak akan ada habisnya, karena modifikasi pun semakin mengila dikalangan pecintanya. Yang dulunya cuma maen setingan karburator dan knalpot, sekarang udah pada maen bore up dan stroke up, yang dulunya cuma nongkrong bareng sesama pecinta modifikasi sekarang udah ngerasain panasnya persaingan diatas lintasan baik lintasan resmi maupun lintasan jalanan.
Itulah hobi, hobi yang di benak sebagian orang dianggap MAHAL tapi tetap kita lakukan, bukan karena kita anak orang kaya tapi disinilah jati diri kita yang sebenarnya. Sorry ye sedikit curhat hehee
Kali ini pembahasan kita mengenai Bore Up dan Stroke Up. Banyak banget kawan kita diluar sana yang menanyakan “Bore Up dan Stroke Up” mending mana sih?? mana yang lebih efektif meningkatkan performa dan kapsitas motor??
Sebenernya gak masalah mana yang harus dilakukan antara bore up dan stroke up, toh intinya untuk meningkatka performa dan kapasitas (Diplecement) dan kedua metode tersebut pun sama-sama memiliki pengaruh pada performa motor toh J yang menentukan tetap saja di setingan akhir.
Langsung saja kita ilustrasikan kedua metode upgrade ini. Cekicroooot :D
Contoh Suzuki Satria Fu 150cc, dengan diameter piston (Bore) 62mm dan langkah piston (Stroke) 48,8mm
Rumus yang digunakan adalah rumus yang biasa kita pakai untuk menghitung (cc) yaitu :
(3,14 x (b x b) x s /4)
1. Jika spek standarnya adalah bore x stroke = 62mm x 48,8mm = 147,255cc
Mari kita hitung apabila setelah melakukan bore up dan stroke up sebesar 1mm
* Jika di bore up
Bore x stroke = 63mm x 48,8mm = 152,044cc
di dapat dari 3,14 x (6,3 x 6,3) x 4,88 / 4 = 152,044cc
ket : ukuran mm pada bore dan stroke di jadikan cm
* jika di stroke up
Bore x stroke = 62mm x 49,8mm = 150,273cc
di dapat dari 3,14 x (4,98 x 4,98) x 5,0 / 4 = 150,273cc
ket : ukuran mm pada bore dan stroke di jadikan cm
Nah sekarang kita tau kan mana yang lebih besar kenaikan kapasitasnya dengan angka 1mm
jadi dengan perhitungan di atas langkah Bore up adalah langkah tercepat untuk menaikan kapasitas
Bore up dapat menaikan kapasitas sekitar 3-4%
sedangkan struk up rata-rata 1,5 -2%
Note : Untuk naik stroke 1mm yang di gunakan di sini adalah nilai totalnya di dapat dari 1 kali putaran kruk as (360 derajat) setara dengan 0,5 x 2 atau 0,5 + 0,5 = 1mm.
BLACK FACTORY RACING “Engine To Your Performance”
Twitter : @speed_ID
Instagram : @speed_ID
Whatsapp : 0896 0387 5099
Bbm : 30B3D1B7
Label:
Archive
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar