Jumat, 03 Oktober 2014

NSR 150 Series

Masih ingat dengan motor sport 2Tak Buith Up Thailand yang pernah ngaspal di Indonesia??

Yuppz!! Bernar sekali, kali ini kita akan flash back pada Honda NSR Series.


Masuknya Honda NSR 150 R di Indonesia pada tahun 1994, memberi sebuah penyegaran baru bagi pecinta motor sport Tanah Air kala itu. Pada masanya, NSR menjadi salah satu motor berteknologi tinggi yang mengaspal di Indonesia. Makanya, motor ini selalu menjadi idaman para bikers pecinta kecepatan pada kala itu.

Dengan mengadopsi rangka full deltabox murni yang biasa digunakan untuk motor balap. Motor bermesin 150cc 2-tak ini, juga telah dilengkapi dengan pendingin mesin radiator yang belum diadopsi motor sport lokal lainya. Tidak lupa, desainnya yang sporty punya andil besar dalam membuat ngiler para bikers yang melihatnya.

NSR jadi motor dengan teknologi paling tinggi (pada jamanya). Mesinnya sudah pakai teknologi RC Valve yang membuat tenaga di setiap putaran terus mengisi. Makanya, harga motor ini juga paling mahal dibandingkan kompetitornya.

RC Valve sendiri merupakan perangkat tambahan berupa katup butterfly di lubang buang, cara kerjanya mirip sama Super KIPS pada Ninin 150 R/RR. Bedanya, katup ini dikontrol langsung oleh CDI. Mekanisnya, katup butterfly akan menutup seperempat lubang saat putaran rendah, dan membuka lebar ketika RPM mulai meninggi.

Kalau berbicara sejarahnya, awal NSR 150 series masuk ke Indonesia mulai tahun 1994 lewat NSR 150 R. Meski harganya cukup tinggi, motor ini tetap mencuri perhatian dikalangan pecinta motor 2Tak Tanah Air. Model ini bertahan hingga tahun 1998, dengan mengalami beberapa update pada warna, striping, dan bentuk behel.


Tahtanya dilanjutkan dengan masuknya Honda NSR RR ditahun 1999. Varian ini juga akrab disebut dengan NSR Astra. Jadi itu model hasil pengembangan Honda Thailand. Karena terbentur masalah emisi, jadi dijual di sini. Itupun stoknya sangat terbatas.


Satu tahun kemudian, masuk NSR New RR di tahun 2000. Desain bodi model ini telah mirip dengan model NSR SP. Beda didesain swing arm dan mesinnya saja. Tampilan warnanya juga lebih atraktif dibandingkan model Astra. Sama seperti model Astra, NSR New RR sudah tidak dijual langsung oleh Astra Honda Motor (AHM). Motor ini banyak dijual di para importir umum.

Model pamungkas adalah NSR 150 series ini adalah NSR 150SP. Model ini menggunakan single arm yang menjadi ciri khas model ini. Teknologinya sudah mengusung dari NSR 250 MC versi GP.


Ada pembenahan counter weight crank shaft, untuk meringankan putaran bawah serta meminimalisir getaran saat dipacu hingga top speed. Makanya model ini menjadi salah satu buruan utama para bikers.

Kehancuran NSR dipicu dari sulitnya mencari spare part kala itu. Karena dibeli lewat importir umum, jadi jarang bengkel yang menyiapkan spare partnya.

Beberapa  tahun belakangan ini, pecinta motor 2Tak kembali kembali melirik si NaSiR (NSR) ini sebagai buruan, bisa dibilang motor ini kembali naik daun sebagai pacuan legenda 2Tak. Karena banyak yang mencari dan stok barangnya sudah langka, harga second NSR saat ini ikut melambung tinggi.

Sekarang harganya kembali tinggi. Untuk NSR 150 R yang RC Valve-nya masih berfungsi bisa laku 13 jutaan. Untuk tipe RR harganya berkisar Rp 18 – 23 juta. Nah untuk model SP paling tinggi, masih tembus Rp 33 juta ( tergantung kondisi).


Buat agan-agan yang memiliki motor ini tentunya punya kebanggaan tersendiri, dan buat agan-agan yang baru jatuh hati pada si NaSiR ini silakan deh ubek-ubek  kotanya, kali aja masih ada yang menyimpan si gajah ini. Lho kok gajah bukan kuda?? Yaiyalaaaaah Gajah, kan disono banyak gajah bukan kuda :p hahaa


BLACK FACTORY RACING “Engine To Your Performance”

Twitter       : @speed_ID
Instagram  : @speed_ID
Whatsapp   : 0896 0387 5099
Bbm           : 30B3D1B7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates