Jumat, 26 September 2014

Pwk 28 series


Karburator dengan ventury 28 memang sangat cocok diaplikakan untuk motor kohar atau motor kompetisi berkapasitas 150cc kebawah.

Keihin PE28 dan PWK28 menjadi primadona dikalangan para modifikator, karena harganya yang relatif murah dibanding karburator lainya yang mempunyai ventury lebih besar, mayoritas pemburu karbu kemudian banyak yang menjatuhkan pilihan pada PE28, saking ngetrendnya sampai sampai karbu ini disebut Karbu Sejuta Umat.


Namun sekarang-sekarang ini, ditengah semakin familiarnya PE28 diikuti meledaknya peredaran berbagai versi PE28 KW yang makin sulit dibedakan dengan aslinya, membuat orang beralih Keihin PWK28. Walaupun lebih mahal, namun kualitas karbu yang sering disebut karbu kuda jingkrak ini punya reputasi bagus keasliannya, mudah disetting, dan performanya dikenal lebih baik dibanding PE28.


Bagi peminatnya yang sedang kasak-kusuk cari info karbu pwk ini, salah satu informasi yang sering ditanyakan adalah tentang perbedaan beberapa jenis pwk28 yang beredar dipasaran. Yaitu PWK28 KX, PWK28 Jepang, dan PWK28 Sudco. Padahal tak perlu bingung dengan perbedaan sebutan ini, karena semuanya juga sebetulnya adalah produksi Keihin Japan.

Tapi kok harganya beda, apakah ada perbedaan diantara ketiga sebutan ini?


Berikut gw coba merangkum beberapa informasi tentang ketiga jenis karbu pwk28 yang mudah-mudahan bisa menjadi referensi agan-agan yang penasaran sama si PWK 28 ini.


1.            PWK28 KX

Kadang disebut juga pwk copotan KX, karena karburator ini memang Keihin PWK28 original motorcross Kawasaki , KX 85cc dan KX100cc, part original ini resminya didistribusikan oleh Kawasaki dengan kemasan Kawasaki Genuine Parts. halnya produk Keihin PE28 berkardus Honda yang didistribusikan sebagai Genuine Parts Honda NSR SP. Diperhatikan dari fisik luarnya, terlihat posisi baut setelan langsam (idle adjuster) dan setelan angin (air screw) dua duanya berada di sebelah kanan (dilihat dari arah moncong karbu). Dengan Jarum skep originalnya berkode NAPE.





2.            PWK 28 Japan

Sebutan ini dimaksudkan untuk karbu pwk28 yang dijual bebas langsung oleh Keihin dengan kemasan Keihin. Istilahnya adalah produk OEM (Original Equipment Manufacturer). Secara fisik, dibandingkan dengan versi kx memang ada perbedaan yang bisa mudah terlihat, yaitu posisi baut setelan langsam (idle adjuster) yang berseberangan dengan letak setelan angin (air screw). Di pwk 28 ini, setelan langsam ada di kiri sedangkan setelan angin ada disebelah kanan (dilihat dari arah moncong karbu). Selain itu, ciri pwk 28 Japan ini jarum skep nya berkode JJH.




3.            PWK28 SUDCO

Untuk yang satu ini rasanya tak perlu diragukan  lagi. Singkatnya saja, PWK ini sebetulnya adalah produksi Keihin Japan juga, namun sebelum dilepas ke pasaran, terlebih dahulu di tuning ulang oleh rumah modifikasi SUDCO USA. Tujuannya untuk memperbaiki kekurangan dan meningkatkan performa karbu pwk28 ini. Untuk jarum skep kode nya sama JJH. Yang jelas, ketika dirasakan langsung di motor, performanya memang berbeda dengan pwk28 non sudco.




Kalo dilihat secara Fisik dari luar, penampakan pwk28 versi sudco sebetulnya sama dengan pwk Japan. Posisi setelan langsam dan air screw juga berseberangan. Sebagai pembeda hanya terlihat tambahan stiker sudco yang menempel di mangkok karbu dan label besar sudco di box kardus Keihinnya.


Sekian review mengenai Karburator PWK 28 series ini.


BLACK FACTORY RACING “Engine To Your Performance”

Twitter       : @speed_ID
Instagram  : @speed_ID
Whatsapp  : 0896 0387 5099
Bbm           : 30B3D1B7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates