Sabtu, 27 September 2014

Power Jet Adjustable


Memaksimalkan karburator dengan cara memodifikasi karburator sudah lumrah jaman sekarang ini. Dari sekedar mengganti nozzle sampai yang reamer pun dilakoni oleh para pecinta kecepatan.

Tapi kali ini bukan tips mengganti nozzle atau reamer yg akan kita bahas, melainkan pemasangan PowerJet. Tau dong powerjet, itu lho nozzle yang ada didepan ventury karburator.


• POWER JET ADJUSTABLE

PowerJet bekerja pada putaran tinggi seiring bukaan botol skep. Ketika skep terangkat, bahan bakar akan terisap kevakuman moncong karbu, kalau di putaran bawah, power jet belum berfungsi. Tugas power jet adalah membantu suplai bahan bakar saat RPM tinggi agar campuran bahan bakar tidak tetap seimbang dengan udara yang di hisap oleh karburator. Ini juga berfungsi untuk menghindari piston macet.

Untuk langkah pengerjaanya cukup simple kok, sukup sediakan beberapa alat dibawah ini :

1. Siapkan Velocity stack untuk karbu 28, atau bikin di tukang bubut juga bisa.



2. Selang karbu secukupnya ukuran jangan terlalu besar.

3. Pilot jet ukuran bebas (sesuai kebutuhan). Sekedar saran, jangan terlalu besar soalnya jika terlalu besar akan mengurangi fungsi kerjanya.




4. Lubangi velocity stack dibagian atas belakang dengan mata bor ± 3mm & di senai (tap drat), lalu pasang pilot jet tadi pada lubang yang sudah ada dratnya di velocity stack. Pasang velocity stack pada karbu dan hubungkan salah satu ujung selang ke pilot jet dan yang ujung satu lagi dihubungkan ke pipa pembungan bensin yang berada di bawah mangkok karburator. Langkah terakhir buka sekrup pembuangan sampai bensin keluar (cukup kendurkan saja jangan sampai lepas).

Maka hasilnya akan seperti dibawah ini :




• TWO VENT (DUA VENTILASI KARBURATOR)

Pada dasarnya tiap karbu sudah memiliki ventilasi udara, namun karburator PE28 Thai ori maupun non ori memiliki satu buah vent beda dengan PE japan & SUDCO yang sudah mempunyai dua buah vent.

Sebelum jauh kita harus mengetahui dulu Fungsi Vent (lubang udara) pada karburator, menurut rumah modifikasi SUDCO Vent berfungsi sebagai “Eliminates post jump bogging from fuel plugged vent passages”. intinya mengurangi tenaga drop saat skep terangkat & udara melewati venturi karburator.


Berikut ini tips pembuatannya:

1. Siapkan pipa kecil berdiameter ±4mm dengan panjang ±10mm

2. Buat jalur vet baru dengan cara melubangi bagian atas vent karburator dengan mata bor ±4mm.




3. Pasang pipa kecil tadi pada lubang yang sudah dibuat dengan cara dipress & pasang selang agar tidak mudah kemasukan air dari atas saat hujan.

Inilah penampakan akhir Karbu PE28 dengan Power Jet dan Two Vent.



Nah!! benerkan mudah aplikasi pembuatannya :D

Tidak dianjurkan pada yang sayang pada part mereka, karena setelah mengaplikasi tips diatas karburator tidak bisa dikembalikan seperti sedia kala.


BLACK FACTORY RACING “Engine To Your Performance”

Twitter       : @speed_ID
Instagram  : @speed_ID
Whatsapp  : 0896 0387 5099
Bbm           : 30B3D1B7

1 komentar:

  1. mas gan,kalo two ventury di aplikasikan untuk motor 4 tak apakah bisa berfungsi maksimal?saya pake karburator pwl 28 di motor tiger saya mau aplikasi kayak punya mas gitu.thx

    BalasHapus

 
Blogger Templates