Senin, 29 September 2014

EFEK DARI MERUBAH DERAJAT BUKA-TUTUP NOKEN AS DAN JARAK LSA


Dibawah ini adalah ilustrasi bagaimana variasi dapat dilakukan dalam menyeting LSA dan waktu buka-tutup klep akan memberi efek terhadap sifat mesin sebagai reaksi terhadap pemasangan noken as / camshaft.


Efek Menggeser Posisi Noken As / Camshaft


Memajukan Timing Cam


Memulai proses hisap lebih cepat

Klep Inlet membuka lebih cepat

Menambah torsi pada putaran bawah

Jarak klep in ke piston semakin dekat

Menambah jarak klep buang ke piston 


Memundurkan Timing Cam


Menahan proses hisap berakhir lebih lambat

Tetap membuka klep inlet

Menambah lebih banyak tenaga RPM atas

Menambah jarak aman piston – Klep in

Mengurangi Piston-Exhaust Valve Clearance


Efek Merubah Lobe Separation Angel (LSA)


Tighten (smaller LSA number)


Menggeser torsi ke RPM rendah

Torsi maksimum meningkat       

Rentang tenaga sempit

Tekanan dalam silinder meningkat          

Kemungkinan knocking tinggi    

Meningkatkan tendangan balik kruk as

Meningkatkan Kompresi efektif               

Kevakuman saat stasioner berkurang

Kualitas stasioner buruk

Overlaping meningkat

Proses Kompresi dan usaha lebih lama



Widen (larger LSA number)


Mengembangkan torsi di RPM tinggi

Torsi maksimum menurun

Rentang tenaga lebar

Mengurangi Maximum Cylinder Pressure

Kemungkinan engine knock rendah

Mengurangi tendangan balik kruk as

Menurunkan Effective Compression

Stasioner nyaman

Kualitas saat stasioner membaik

Overlaping kecil

Saat klep menutup bersamaan lebih sedikit


Contoh menghitung durasi noken as Yamaha Vega R :

Intake membuka 27 derajat sebelum TMA, menutup 53 derajat setelah TMB

Exhaust membuka 55 sebelum TMB, menutup 29 derajat setelah TMA

Mari kita hitung durasi, LC, LSA

durasi In = 27 + 180 + 53 = 260 derajat

durasi Ex = 55 + 180 + 29 = 264 derajat

Lobe center In = 260 / 2 – 27 = 103 derajat

Lobe center Ex = 264 / 2 – 29 = 103 derajat

LSA = 103 derajat



LSA Cam


Hanya segitu pengetahuan yg bisa gw bagikan buat agan-agan semua yang sudah secara suka rela mampir di rumah gw ini, selebihanya silakan praktekin sendiri dirumah maupun di bengkel.

Karena sebuah teori tak akan berguna jika tak diamalkan, dengan praktek juga kita akan mengetahui benar atau tidaknya teori yang kita pelajari. Bukan begitu gan?? :D


BLACK FACTORY RACING “Engine To Your Performance”

Twitter       : @speed_ID
Instagram  : @speed_ID
Whatsapp  : 0896 0387 5099
Bbm           : 30B3D1B7

1 komentar:

  1. Bang saya bertanya klu lagi kencang ,, kmudian tambah speed 4 mesin melemah dan drop tarikan itu knpa ??
    Emang noken as saya papas , besircel 1mm pinggang kiri kanan 2 mm . mtor saya Gl Pro

    BalasHapus

 
Blogger Templates