Kamis, 02 Oktober 2014

Turbocharger


Turbocharger atau lebih familiar dengan nama Turbo adalah sebuah mekanisme untuk ‘manipulasi tekanan udara’ dengan memanfaatkan aliran gas buang sisa pembakaran. Aliran gas buang dipakai untuk memutar turbin yang kemudian mengaktifkan kompresor khusus yang berfungsi menciptakan ‘Boost Pressure’, yaitu tekanan udara yang melonjak drastis sehingga mampu melesakkan udara berlipat-ganda ke dalam silinder mesin / ruang bakar.


Tujuannya untuk meningkatkan prduksi tenaga motor. Karena dengan lebih banyaknya udara dan bbm yang bisa dilesakan ke silinder, akan lebih besar pula potensi tenaga hasil pembakarannya. Istilah kerennya ‘efisiensi volumetrik’. Jika dengan teknik bore up atau stroke up udara + bbm bisa lebih banyak ‘disedot’ akibat ruang silinder yang membuncit. Maka dengan mekanisme turbo ini, memungkinkan ruang silinder ‘dijejali’ lebih banyak campuran udara / bbm walau kapasitas silindernya tetap.


Penampakan komponen Turbocharger :










Spek Modifikasi:


Mesin standar orisinil Suzuki Belang (nama Satria FU di Malaysia) 147cc

Turbo TD02

Karburator PE28

CDI Rextor limited edition

Intercooler 4×4 diesel

Boost 1 Bar

Tak banyak memang informasi yang bisa di gali dari si turbo ini. Berikut ini rangkuman dari pengaplikasian Turbo ini.


Untuk memasang turbo ini di belang, tak perlu merubah apapun di sektor mesin. Hanya melakukan modifikasi pada pipa intake dan exhaust manifold, sementara pipa knalpot masih orisinil.

Biaya yang dihabiskan untuk aplikasi turbo ini sekitar 3500RM ( +- 11jt rupiah)

Karena masih menggunakan sistem karburator sebagai penyuplai bensin, maka untuk menyesuaikan debit bensin dari karbu supaya tidak ‘tekor / kekeringan’ saat boost turbo aktif, maka ia perlu menambahkan ‘Fuel Regulator’ dan sensor O2 untuk mengontrol Air Fuel Ratio (AFR)

Belang dengan turbo ini sudah ditest jalan dengan pemakaian harian selama 6 bulan dengan jarak tempuh sekitar 120km/hari tanpa ada kendala apapun. Hanya saja konsumsi bensin memang jadi jauh lebih boros.

Peningkatan torsi sangat terasa di setiap rentang rpm, dengan maksimum boost diset di 1 bar.

Sumber : satria155.com



BLACK FACTORY RACING “Engine To Your Performance”

Twitter       : @speed_ID
Instagram  : @speed_ID
Whatsapp   : 0896 0387 5099
Bbm           : 30B3D1B7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates