Senin, 29 September 2014

Sejarah dan Spesifikasi RXZ



Bagi mereka yang pernah merasakan kejayaan motor era 90-an pasti kenal dengan Yamaha RX-Z. Motor langkah dengan kapasitas 135cc. Sepupu dari Rx King inii menjadi raja dikelasnya pada masa itu.

Rxz pertama hadir di Indonesia pada akhir tahun 80-an, Yamaha yang kala itu menargetkan pasar konsumen untuk pecinta motor sport ini mengusung mesin yang hampir sama dengan Yamaha RX-King, hanya berbeda dari segi konsep dengan RX-King yang lebih condong ke motor touring ala naked bike. Selain itu, Yamaha RXZ yang sudah menggunakan setang jepit membuat posisi berkendara menjadi agak merunduk, memberi kesan motor balap  bagi pengendaranya.


Untuk sektor mesin, Yamaha RXZ mengusung mesin 2-tak 135cc sama seperti RX-King. Perbedaan kecil diantara keduanya terletak pada bore dan stroke 56 & 54mm, sementara RX-King memakai diameter 58 dan 50mm. Jadi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika RX-King dikenal bengis diputaan bawah, maka RX-Z didesain untuk melaju diputaran atas yang cocok untuk kondisi trek panjang.


Untuk dapur pacu sendiri, Yamaha RXZ mampu menghasilkan power hingga 20hp pada putaran 8.500rpm, menggunakan karburator konvensional merk Mikuni VM26. Kendati memiliki power yang besar, RXZ berhasil mendapatkan sertifikat EURO 2 sebagai motor ramah lingkungan WOOOOW banget kan hehehee


Masih soal dapur pacu, teknologi Yamaha Computerized Lubricant System (YLCS) juga merupakan teknologi muktahir Yamaha saat ini yang sematkan pada RXZ. Teknologi ini memungkinan pembakaran, pasokan udara, serta campuran oli samping menjadi lebih sempurna. YLCS memang sempat diaplikasikan juga pada RX-King namun akhirnya dilepas karena tidak cocok dengan karakter mesin si Raja. Produksi terakhir RX-Z dihentikan pada tahun 1998 seiring dengan menurunnya minat konsumen terhadap motor berkarakter trek panjang ini.


Berikut adalah spesifikasi RXZ :


▪ Mesin: 2-tak 135cc berpendingin udara mesin

▪ Pengaturan Silinder: Forward-cenderung silinder tunggal

▪ Pemindahan: 133 cc

▪ Max daya: 20 PS (15 kW) @ 8.500 rpm

▪ Max torsi: 1,85 kgf · m (18,1 N · m) @ 7.500 rpm

▪ Max speed: 165 km / jam

▪ Diameter x stroke : 56,0 x 54,0 mm

▪ Rasio kompresi : 7,0 : 1

▪ pengabutan : Mikuni VM26

▪ Transmisi : 6-speed kembali

▪ Kopling : Multi-disc, manual basah

▪ Tipe Rangka : underbone tabung baja

▪ Suspensi (Depan) : Telescopic

▪ Suspensi (Belakang) : shock Ganda

▪ Brake (Depan) : Single-piston disc

▪ Brake (Belakang) : Drum

▪ Kering berat : 106 kg

▪ Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 13.0L


Itulah sedikit sejarah RXZ yang berhasil gw rangkum, semoga bisa member sedikit pengetahuan agan-agan semua.


BLACK FACTORY RACING “Engine To Your Performance”

Twitter       : @speed_ID
Instagram  : @speed_ID
Whatsapp  : 0896 0387 5099
Bbm           : 30B3D1B7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates