Sabtu, 20 September 2014

Rumus hitung kapasitas mesin (cc)

Kali ini yang akan kita bahas adalah cara menghiting volume silinder atau yang biasa kita sebut CC (Centimeter Cubic)

Sering kita melihat tulisan mengenai Bore / Stroke, Torque, Hp, ketika kita melihat suatu spek kendaraan bermotor, lantas sudah bisakah agan-agan memahaminya?? Kalau belum mari kita belajar bersama biar pada pinter bersama hehehee :D


Seperti yang  gw ketahui bahwa yang namanya BORE  jika kita artikan  adalah diameter bagian dalam suatu silinder. Sedangkan STROKE adalah langkah sebuah piston yang dihitung mulai dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB).


Biasanya kita melihat suatu mesin dengan kapasitas mesin (cc) yang dibulatkan, meski ada juga yang murni tanpa pembulatan, contohnya engine dengan kapasitas 124cc, biasanya dibulatkan menjadi 125cc. Hal tersebut biasanya sering kita gak tau akan aktualnya, tanpa kita hitung secara langsung kapasitas sebuah mesin tersebut.


Kapasitas mesin (displacement) dengan satuan (V) adalah menghitung sebuah volume yang didapat dari perbindahan piston dari TMB menuju TMA, dimana untuk menghitung volume tersebut, bisa dihitung dengan sebuah rumus :


V = ∏ x (BxB)  x S x N : 4



Ket :


B : Bore (Diameter silinder)


S : Stroke (Langkah Piston)


∏ : Rumus absolute sebuah lingkaran (3.14)


N : Jumlah silinder


Contoh motor memiliki langkah 42mm dan diameter cylinder 56mm berapakah kapasitas / cc dari mesin tersebut…?

Catatan : Karena yang kita carri adalah Volume dengan satuan CC, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengkonversi satuan mm (milimeter) ke cm (Centimeter).


Jawab :

Rumus dasar : V = ∏ x (B x B) x S x N : 4

 

V =  3.14 x (5.6 x 5.6) x 4.2 x 1 : 4


V =  413.576 : 4


V = 103. 394 cc


Dari hasil penghitungan diatas, maka motor yang memiliki langkah 42mm dan diameter cylinder 56mm, kapasitasnya adalah 103.394cc dibulatkan menjadi 105cc.


Rumus ini diterapkan pada tipe motor 2Tak dan 4Tak karena tujuanya sama, yaitu mencari volume / kapasitas silinder, kecuali yang dicari adalah volume ruang bakar, maka kita haarus menggunakan rumus yang bereda ;))


BLACK FACTORY RACING “Engine To Your Performance”

Twitter       : @speed_ID
Instagram  : @speed_ID
Whatsapp  : 0896 0387 5099
Bbm           : 30B3D1B7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates