Jumat, 26 September 2014

Seting pengapian


Menentukan titik pengapian pada CDI untuk sepeda motor dengan sensor pick-up pada flywheel magnet dibutuhkan pengukuran akurat posisi pick-up pulser terhadap Top Dead Centre (TDC) atau lebih dikenal dengan sebutan Titik Mat Atas (TMA). Begitu juga dengan menentukan titik pengapian kita akan selalu diharuskan menggunkan satuan derajat.

Tonjolan pada magnet motor digunkan sebagai refrensi atau titik acuan CDI untuk menghitung seberapa maju atau mundur titik pengapian terhadap Titik Mati Atas (TMA). Seperti kita ketahui bahwa untuk benda yang memiliki bentuk melingkar pasti memiliki sudut bila kita ambil titik tengah kemudian ditarik garis ke tepi lingkaran selanjutnya dibuat garis lagi ke tepi lingkaran. sudut di definisikan perpotongan garis di titik tengah pada lingkaran yang dibuat diilustrasikan





Sudut A adalah sudut yang dibentuk oleh dua buah garis yang ditarik dari pusat lingkaran ke ketepi lingkaran. Sekarang bandingkan dengan gambar flywheel magnet sepeda motor dengan bentuk lingkaran yang sama





Artinya bila bentuk flywheel atau magnet adalah lingkaran dan untuk mengukur jarak busur B ke C (lihat gambar 1) pengukuran tidak menggunkan sigmat tetapi harus diukur jarak lengkungannya lalu dihitung jarak lengkungan tersebut.


untuk mementukan titik pengapian satuan yang digunakan pun adalah derajat atau berapa derajat sebelum Titik Mati Atas (TMA). karena bentk dari flywheel sendiri adalah lingkaran.

Sekarang bagaimana mungkin bisa menentukan jarak / panjang juring bila dihitung sigmat padahal bentuknya busur adalah lengkungan.


Tentu yang kita gunakan adalah busur derajat atau biasa disebut Dial Gauge




Dari alat ini kita bisa menentukan akurasi sudut flywheel sesuai dengan posisi piston yang bergerak. Agar kita bisa menpatkan pengapian sesuai keinginan kita.


Okey, itulah sedikit pengetahuan yang bisa gw bagikan dipertemuan kita kali ini, semoga memberikan sedekit gambaran tetentang menentukan titik pengapian pada motor. Sampai jumpa di artikel selanjautnya.



BLACK FACTORY RACING “Engine To Your Performance”

Twitter       : @speed_ID
Instagram  : @speed_ID
Whatsapp  : 0896 0387 5099
Bbm           : 30B3D1B7


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates