Senin, 22 September 2014

Modifikasi Fullwave


Sebelumnya kita sudah pernah membahas sisten pengapian AC dan DC, jadi sekarang kita akan sedikit mengulas si DC ini. Kelistrikan DC pada motor terbagi menjadi 2, yaitu halfwave dan fullwave.

Sistem halfwave biasa disebut dengan semi DC. Semi DC terlihat dari suplai arus listrik pada bohlam lampu utama dan senja yang masih mengambil dari jalur spull (generator).

Sedangkan sistem fullwave adalah menggunakan seluruh kemampuan spull (generator) untuk menangani seluruh beban kelistrikan di motor melalui bantuan kiprok (regulator) dan aki.


Perbedaan Halfwave dan Fullwave

Kelebihan sistem fullwave ini sistem pengisian aki dilakukan secara terus menerus tiap putaran mesin. Sehingga proses pengisian relatif sangat cepat dan dengan arus yang sangat besar. Bedanya dengan halfwave, energi dari spull (generator) banyak terbuang sia-sia ke massa (ground).

Setelah mengubah menjadi sistem fullwave, maka wajib mengganti seluruh lampu dengan lampu DC. Jadi lampu bisa langsung nyala terang benderang. Enaknya lagi, lampu tidak mudah putus/gosong alias lebih awet. Hal ini disebabkan arus DC yang masuk ke lampu relatif stabil.


Skema Sistem Fullwave

Apa saja yang dibutuhkan untuk mengubah menjadi sistem fullwave? Pertama adalah kiprok yang sudah support untuk fullwave seperti kiprok Honda Tiger atau Yamaha Byson (dianjurkan menggunakan Kiprok yang original).


Begitulah keuntungan menggunakan sistem fullwave di motor. Tapi ingat kawan, dalam sistem fullwave aki merupakan komponen wajib yang harus hadir. Tentunya  aki motor agan-agan harus dalam keadaan normal agar bisa support digunakan untuk sistem fullwave ini. Dampaknya kalau aki tekor, motor tidak motor  harus menggunakan bensin campur. Campur dorong ke bengkel terdekat hahahahaa :D

Karena pengaplikasianya agak sedikit rumit (hanya berlaku untuk pemula) dan udah banyak informasi yang menyatakan gagal!. Jadi silakan agan kebengkel terdekat yang sudah biasa menerapkan metode ini.


BLACK FACTORY RACING “Engine To Your Performance”

Twitter       : @speed_ID
Instagram  : @speed_ID
Whatsapp  : 0896 0387 5099
Bbm           : 30B3D1B7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates