Kamis, 25 September 2014

Stroke up vs Bore up


Ngomongin modifakasi sepertinya gak akan ada habisnya, karena modifikasi pun semakin mengila dikalangan pecintanya. Yang dulunya cuma maen setingan karburator dan knalpot, sekarang udah pada maen bore up dan stroke up, yang dulunya cuma nongkrong bareng sesama pecinta  modifikasi sekarang udah ngerasain panasnya persaingan diatas lintasan baik lintasan resmi maupun lintasan jalanan.

Itulah hobi, hobi yang di benak sebagian orang dianggap MAHAL tapi tetap kita lakukan, bukan karena kita anak orang kaya tapi disinilah jati diri kita yang sebenarnya. Sorry ye sedikit curhat hehee

Kali ini pembahasan kita mengenai Bore Up dan Stroke Up. Banyak banget kawan kita diluar sana yang menanyakan “Bore Up dan Stroke Up” mending mana sih?? mana yang lebih efektif  meningkatkan performa dan kapsitas motor??


Sebenernya gak masalah mana yang harus dilakukan antara bore up dan stroke up, toh intinya untuk meningkatka performa dan kapasitas (Diplecement) dan kedua metode tersebut pun sama-sama memiliki pengaruh pada performa motor toh J yang menentukan tetap saja di setingan akhir.

Langsung saja kita ilustrasikan kedua metode upgrade ini. Cekicroooot :D


Contoh Suzuki Satria Fu 150cc, dengan diameter piston (Bore) 62mm dan langkah piston (Stroke) 48,8mm


Rumus yang digunakan adalah rumus yang biasa kita pakai untuk menghitung (cc) yaitu : 

(3,14 x  (b x b) x s /4)


1. Jika spek standarnya adalah bore x stroke = 62mm x 48,8mm = 147,255cc

    Mari kita hitung apabila setelah melakukan bore up dan stroke up sebesar 1mm

*  Jika di bore up

    Bore x stroke = 63mm x 48,8mm = 152,044cc

    di dapat dari 3,14 x (6,3 x 6,3) x 4,88 / 4 = 152,044cc

    ket : ukuran mm pada bore dan stroke di jadikan cm


*  jika di stroke up

    Bore x stroke = 62mm x 49,8mm = 150,273cc

    di dapat dari 3,14 x (4,98 x 4,98) x 5,0 / 4 = 150,273cc

    ket : ukuran mm pada bore dan stroke di jadikan cm


Nah sekarang kita tau kan mana yang lebih besar kenaikan kapasitasnya dengan angka 1mm

jadi dengan perhitungan di atas langkah Bore up adalah langkah tercepat untuk menaikan kapasitas

Bore up dapat menaikan kapasitas sekitar 3-4% 

sedangkan struk up rata-rata 1,5 -2%


Note : Untuk naik stroke 1mm yang di gunakan di sini adalah nilai totalnya di dapat dari 1 kali putaran kruk as (360 derajat) setara dengan 0,5 x 2 atau 0,5 + 0,5 = 1mm.


BLACK FACTORY RACING “Engine To Your Performance”

Twitter       : @speed_ID
Instagram  : @speed_ID
Whatsapp  : 0896 0387 5099
Bbm           : 30B3D1B7


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates