Sabtu, 20 September 2014

Perbedaan Forged dan Casting Piston

Ada dua macam piston yang kita kenal saat ini, yaitu piston biasa atau disebut juga Cast Piston dan Forging Piston. Dari kedua piston ini secara fungsi sama, akan tetapi perbedaannya adalah terlihat dari bentuk, cara pembuatan dan material yang digunakan. Cast piston banyak digunakan di motor-motor lama, karena pada saat itu technology belum terlalu berkembang seperti sekarang. Sedangkan forging piston saat ini sudah banyak digunakan di motor-motor baru dan untuk keperluan racing.


Cast piston atau piston biasa sesuai asal katanya cast yaitu pembentukannya  dari alumunium yang dipanaskan sampai mencair lalu dituang ke dalam cetakkan, yang dituang secara gravity mengandalkan gravitasi bumi dalam proses penekanan. Hasil dari cetakan yang bentuknya belum sempurna ini akan menggunakan alat bantuan mesin seperti bubut atau CNC,  untuk menghasilkan piston.


Hal inilah yang membuat piston menjadi kurang kuat karena system tuangnya hanya mengandalkan aliran dari alumunium cair yang dimasukkan ke dalam cetakkan, sehingga masih ada rongga pada badan piston jika dilihat menggunakan alat seperti kaca pembesar khusus. Maka dari itu Piston akan dibuat tebal supaya tidak pecah, yang efeknya adalah membuat putaran mesin menjadi lebih berat.

Berikut ini proses pembuatan Casting Piston : 

Alumunium bahan piston

Alumunium cair

Piston sebelum finishing

Berbeda dengan Piston Forging, yang manggunakan material alumunium padat, kemudian dipanaskan tetapi tidak sampai mencair lalu dibentuk dengan cara ditempa atau dipukul seperti membuat pedang. Proses pembuatan dengan cara dipukul membuat piston forging jadi lebih kuat karena tidak ada rongga pada badan piston (padat). Sehingga piston cukup dibuat tipis karena piston ini sudah kuat. Kelebihan lainnya adalah Piston akan menjadi lebih ringan dan bidang gesek pada permukaan liner akan lebih sedikit, membuat putaran mesin lebih ringan, lebih tahan terhadap gesek dan tidak mudah memuai.

Berikut ini proses pembuatan Forged Piston : 

Potongan Alumunium padat

Piston Forged setelah dipanakan dan di pres

Finishing
Forged Piston setelah finishing

Semoga bermanfaat dan makin tambah pengetahuan agan dalam hal otomotif khususnya roda dua, dan bisa menjadi referensi bagi yang sedang memilih piston untuk motornya.


BLACK FACTORY RACING “Engine To Your Performance”

Twitter       : @speed_ID
Instagram  : @speed_ID
Whatsapp  : 0896 0387 5099
Bbm           : 30B3D1B7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates